Upacara Peringatan 17 Agustus 2023 HUT ke-78 Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN)

Rara News

Upacara Peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN)
IKN ( DOK. KOMPAS )

Medan – Tanggal 17 Agustus 2023 merupakan peringatan hari ulang tahun Republik Indonesia (RI) ke-78 yang merupakan tonggak penting bagi bangsa. Acara peringatan akan berlangsung di jantung Ibukota Nusantara (IKN), yang terletak di Kalimantan Timur. Saat bangsa berkumpul untuk merayakan peristiwa bersejarah ini, mari selami detail upacara yang akan datang dan sorotan penting.

Di tengah kemegahan perayaan Hari Kemerdekaan di Istana Merdeka, sebuah tambahan inovatif sudah di depan mata. Deputi Bidang Protokol Pers dan Sekretariat Media Presiden Bey Machmudin mengungkapkan video conference akan menghubungkan IKN dan Istana Merdeka saat upacara HUT RI. Tautan virtual ini bertujuan untuk menjembatani jarak antara ibu kota dan IKN, memastikan seluruh bangsa bersatu dalam memperingati hari istimewa ini.

Perayaan Ganda pada 17 Agustus

Lebih lanjut Bey menyebutkan, video conference serupa juga akan memfasilitasi perayaan 17 Agustus di lingkungan IKN sendiri. Perayaan ganda, baik di Jakarta maupun IKN, merupakan bukti semangat persatuan yang menggema di seluruh tanah air. Pendekatan inovatif ini memungkinkan warga dari seluruh pelosok Indonesia untuk berpartisipasi dalam perayaan tersebut, terlepas dari lokasi geografis mereka.

Memimpin Upacara

Menuju peringatan di IKN tak lain adalah Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara, Bambang Susantono. Dengan bimbingannya, upacara diharapkan menjadi perpaduan harmonis antara tradisi dan inovasi, yang mencerminkan nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh bangsa.

Interaksi Presiden

Salah satu highlight acara yang ditunggu-tunggu adalah interaksi antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan penyelenggara upacara HUT RI di IKN. Rencana sudah disiapkan untuk memfasilitasi interaksi ini, menampilkan keterlibatan dan hubungan Presiden dengan perayaan bangsa. Kelayakan interaksi ini saat ini sedang dipertimbangkan, mempertimbangkan aspek teknis dan persyaratan logistik.

BACA JUGA:  Timnas Prancis U-17 Melangkah ke Final Piala Dunia U-17 Setelah Menaklukkan Mali dengan Skor 2-1

Menatap Tahun Depan

Di tengah kemeriahan perayaan tahun ini, muncul pertanyaan tentang masa depan. Apakah perayaan HUT RI akan berlangsung di IKN tahun depan? Bey menyebut, jawabannya ada pada Presiden Jokowi sendiri. Gagasan menjadikan IKN sebagai pusat perayaan penting tersebut menunjukkan pentingnya ibu kota ini dalam perjalanan bangsa.

Kesimpulan

HUT ke-78 Republik Indonesia memberikan kesempatan bagi bangsa untuk bersatu, menjembatani kesenjangan melalui teknologi, persatuan, dan perayaan. Perayaan ganda di Jakarta dan IKN, bersama dengan konferensi video yang inovatif, melambangkan identitas bersama dari masyarakat Indonesia yang majemuk.

Also Read