Tetap Tenang dan Waspada: Gempa Terkini M4,7 Guncang Enggano Bengkulu

Rara News

Tetap Tenang dan Waspada: Gempa Terkini M4,7 Guncang Enggano Bengkulu
Tetap Tenang dan Waspada: Gempa Terkini M4,7 Guncang Enggano Bengkulu (Dok. TribunNews)

Bandar Lampung – Hari Senin (4/9/2023), sekitar jam 3 sore lebih sedikit, wilayah Enggano di Bengkulu kena gempa lagi, nih, teman-teman. Ini gempa nggak main-main, magnitude-nya 4,7 loh! Kepencet WIB, BMKG yang punya alat ngukur gempa itu bilang gempa ini ada di koordinat 5.41 Lintang Selatan, 101.81 Bujur Timur.

Jaraknya sekitar 51 km dari Barat Daya Enggano Bengkulu. Kedalamannya sekitar 18 kilometer, tapi BMKG bilang data ini masih bisa berubah ya, karena gempa kayak gini sering bikin data berguncang-guncang juga.

Kabar baiknya, belum ada laporan kerusakan parah akibat gempa ini. Tapi tetap aja, kita harus waspada sama gempa susulan, siapa tahu nanti ada.

Nah, buat yang belum tahu, ini tips-tips apa yang harus kita lakuin sebelum, saat, dan setelah gempa bumi:

Sebelum Gempa:

  1. Pastiin rumah kita aman dari bahaya gempa, kayak longsor atau tanah amblas. Kalau perlu, periksa dan perbaiki rumah biar lebih kuat tahan gempa.
  2. Kenali tempat kerja atau tempat kita biasanya hangout, tahu dimana pintu, tangga darurat, dan tempat aman buat berlindung.
  3. Pelajari cara pertolongan pertama (P3K) dan tahu cara pake alat pemadam kebakaran.
  4. Catet nomor-nomor penting yang bisa dihubungi pas gempa.
  5. Pastiin barang-barang di rumah yang berat ada di bawah supaya nggak jatuh waktu gempa.
  6. Simpen barang yang bisa nyala-nyala, kayak bensin, di tempat yang aman.
  7. Matiin air, gas, sama listrik kalo nggak lagi dipake.
  8. Siapin barang-barang penting kayak kotak P3K, senter, radio, makanan cadangan, dan air.

Saat Gempa Bumi:

  1. Kalau lagi di dalam bangunan, lindungin badan dan kepala kita biar nggak kena reruntuhan dengan sembunyi di bawah meja. Kalo bisa, lari keluar.
  2. Kalo lagi di luar bangunan atau lapangan, jauhin bangunan, tiang listrik, dan pohon. Awasi tanah, hindari kalo ada retakan.
  3. Kalo lagi di mobil, keluar dan jauh-jauh dari mobil biar aman dari kebakaran atau pergeseran.
  4. Kalo tinggal di pinggir pantai, cepet-jepet ke atas bukit biar nggak kena tsunami.
  5. Kalo tinggal di daerah pegunungan, jauhi area yang bisa longsor.
BACA JUGA:  BMKG: Gempa Hari ini Terasa di Beberapa Kota di Jawa Timur Seperti Jember, Blitar dan Banyuwangi

Setelah Gempa Bumi:

  1. Kalau lagi di dalam bangunan, keluar pelan-pelan dan jangan naik tangga berjalan atau lift. Cek orang-orang sekitar, bantu yang butuh pertolongan.
  2. Periksa sekitar kita, cek apakah ada kebakaran, kebocoran gas, atau arus pendek listrik. Juga cek aliran air dan pipa.
  3. Jangan masuk ke bangunan yang udah kena gempa, masih bisa ada reruntuhan.
  4. Hindari jalan-jalan di sekitar area gempa, bisa ada gempa susulan.
  5. Dengerin info tentang gempa dari radio, jangan mudah terpancing rumor yang nggak jelas.
  6. Isi angket yang diberikan sama pihak berwenang buat bantu mereka ngevaluasi kerusakan.
  7. Terakhir, tetap tenang dan jangan lupa berdoa supaya semua orang aman. Semoga gak ada gempa lagi deh!

Also Read