Sampah Cabai Bikin Resah! Warga Kademangan Keluhkan Binatang dan Asap Nyengat

Rara News

Sampah Cabai Bikin Resah! Warga Kademangan Keluhkan Binatang dan Asap Nyengat
Limbah Sampah ( DOk. Aldi )

Tangerang – Ceritanya begini, guys! Di Kademangan, Setu, Tangsel, ada hal yang bikin warganya dongkol abis. Nah, ini soal sampah-sampah cabai yang dibuang sembarangan di tempat mereka. Bahkan, gak tanggung-tanggung, sampah itu dibakar juga, bikin asapnya nyengat banget!

Ada satu warga di sana, namanya Tholib, umurnya udah 60 tahun. Dia cerita, awalnya tuh tumpukan sampah cabai ini bikin binatang macem kutu tiba-tiba muncul. Nggak cuma itu, binatang-binatang kecil ini malah nyampe ke rumah-rumah warga.

“Awalnya biasa aja sih, cuma lama-lama banyak banget. Sampe di sini juga masuk rumah. Udah kayak hewan kutu gitu, keluar dari tanah,” kata Tholib pas ketemu di rumahnya, tadi Rabu (16/8/2023).

Tholib juga cerita, sebelumnya sampah-sampah cabai itu dibungkus pake karung terus cuma dibiarkan aja gitu. Katanya sih, banyak banget karungnya.

Pas binatang-binatang itu muncul, baru deh sampahnya dibakar. Tapi masalahnya, Tholib gak tahu siapa yang bakar sampah itu.

“Nggak tahu deh, cuma ditinggal aja tuh sampahnya, dikarung-karungin gitu. Trus baru kemaren waktu binatangnya muncul, baru deh dibakar,” ceritanya.

“Asapnya beneran ganggu banget. Kita batuk-batuk. Sampe akhirnya ada yang lapor ke pemadam kebakaran kemaren. Batuk-batuk dan sesek gitu. Asapnya pedes banget,” lanjutnya.

Tholib cerita, sampah-sampah itu dibiarkan di buang sama pemilik lahan, bukan warga sekitar sana.

“Seriusan, ratusan karung mungkin, sampe di bawah situ. Mereka mau numpuk gitu, tapi ya pelan-pelan dibuang aja sampahnya,” ungkapnya.

Ada warga lain juga, Fata namanya, dia juga bete gara-gara sampah cabai ini dibakar. Meski udah ada pemadam kebakaran yang nyemprot lokasi, tapi api nya masih belum padam sepenuhnya.

“Pemadam kebakaran datang, tapi ini udah kayak gunung aja. Udah ditembak tuh titik api sama pemadam, terus disiram pake selang, tapi belom selesai udah ditinggal gitu aja. Asapnya masih bertebaran,” katanya.

BACA JUGA:  Konser K-Pop Meriahkan Penutupan Jambore Dunia Pramuka ke-25 di Korea Selatan

Nggak cuma gitu, asap dari pembakaran ini masih nyangkut. Fata cerita, asapnya ini pedes banget dan bikin batuk-batuk.

“Semalam, pas asapnya dibasahin sama pemadam, malah asapnya beneran nyengat banget ke rumah-rumah. Ini bahaya banget, bikin batuk terus,” tambahnya.

Nah, yang kalian tahu dari pantauan di lokasi jam 2.20 siang tadi, Rabu (16/8/2023), asapnya masih kelihatan dari tumpukan sampah cabai itu. Bau menyengatnya juga masih kerasa di sana.

Sampahnya itu ditumpuk di tebing gitu. Ada beberapa warga yang kelihatan lagi di situ buat bantu ngusir asap yang ada.

Also Read