Pihak Pertamina dan Presiden Joko Widodo Menjalin Kerjasama dengan Afrika

Rara News

Pihak Pertamina dan Presiden Joko Widodo Menjalin Kerjasama dengan Afrika
Pihak Pertamina dan Presiden Joko Widodo Menjalin Kerjasama dengan Afrika ( DOK. EUME )

Batam – Pada pekan ini, Pertamina Group ikut mendampingi Presiden Joko Widodo dalam kunjungannya ke empat negara di Afrika, seperti Kenya, Tanzania, Mozambik dan Afrika Selatan. Misi Pertamina sebagai BUMN adalah memperkuat hubungan bilateral dengan membawa semangat Konferensi Asia-Afrika dan Bandung Spirit.

Selama kunjungan tersebut, Presiden Jokowi memberikan dukungan dan apresiasi kepada Pertamina atas langkahnya untuk masuk ke bisnis migas di Afrika. Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati mengungkapkan bahwa Pertamina telah melakukan beberapa inisiatif kerja sama di bidang hulu, midstream, hilir serta panas bumi (geothermal) di Afrika. Dalam periode kunjungan ini juga terjadi penandatanganan komitmen kerja sama di 4 negara Afrika.

Di Kenya, terdapat dua kerja sama yang dilakukan yaitu dengan Africa Geothermal International Limited (AGIL) dan National Oil Corporation Kenya (NOCK). Sementara itu, di Tanzania ada nota kesepahaman antara Pertamina dengan Tanzania Petroleum Development Corporation (TPDC) untuk eksplorasi dan produksi migas. Di Mozambik juga terjadi MoU antara PIEP dengan Buzi Hydrocarbons Pte Ltd (BHPL) untuk potensi sektor migas dari hulu sampai hilir serta pembangkit listrik tenaga gas.

Sebelum kunjungan ini berlangsung pun sudah ada MoU antara Pertamina dengan GUMA untuk wilayah kerja sama Kenya, Afrika Selatan dan Republik Demokratik Kongo terkait pengembangan pipa gas, pembangkit listrik tenaga gas, dan fasilitas ekspor listrik ke Afrika Selatan.

Pertamina juga melibatkan anak usaha lainnya seperti PT Pertamina Drilling Service, PT Elnusa Tbk, serta Pertamina New Renewable Energy (Pertamina NRE) dalam pengembangan proyek-proyek tersebut. Semua kerja sama ini merupakan bagian dari peran Pertamina sebagai BUMN yang mendukung hubungan bilateral serta melakukan ekspansi dan go global.

BACA JUGA:  Ketua PDIP Mengonfirmasi Penggunaan Panggilan 'Pak Lurah' untuk Jokowi di Lingkungan Elite

Selain itu, Pertamina juga berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan program-program yang berdampak pada capaian Sustainable Development Goals (SDG’s). Hal ini sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

Also Read