Pertahanan Udara Rusia Berhasil Menangkal Serangan Drone Ukraina di Dekat Moskow

Rara News

Pertahanan Udara Rusia Berhasil Menangkal Serangan Drone Ukraina di Dekat Moskow
Drone ( Sumber: Detik )

Indonesia – Otoritas Rusia telah mengumumkan bahwa tiga unit drone Ukraina telah berhasil dihantam dan jatuh oleh sistem pertahanan udara di sekitar area Moskow. Insiden ini menjadi episode terbaru dalam serangkaian serangan udara yang telah melanda wilayah Moskow, khususnya di dekat kota tersebut, dalam beberapa waktu terakhir.

Menurut laporan dari AFP pada tanggal 16 Agustus 2023, Kementerian Pertahanan Rusia mengungkapkan bahwa Ukraina melancarkan serangan pada pagi hari yang sama, sekitar pukul 05.00 waktu setempat. Serangan tersebut menggunakan tiga kendaraan udara tak berawak untuk menargetkan objek-objek di wilayah Kaluga.

“Dengan tepat waktu, semua kendaraan udara tak berawak (UAV) berhasil terdeteksi dan dihancurkan oleh sistem pertahanan udara Rusia,” demikian pernyataan Kementerian Pertahanan Rusia yang disampaikan melalui platform Telegram.

Vladislav Shapsha, Gubernur Kaluga, melaporkan bahwa salah satu drone berhasil ditembak jatuh di bagian selatan wilayah Kaluga, yang terletak ratusan kilometer di sebelah barat daya Moskow. Shapsha menambahkan, “Tidak ada dampak terhadap warga dan infrastruktur di area tersebut.”

Serangan udara ini merupakan insiden kelima dalam bulan ini di wilayah Kaluga, yang menurut pihak Rusia telah berhasil digagalkan. Sebelumnya, pejabat Moskow telah mengumumkan bahwa serangan-serangan drone di wilayah tersebut pada tanggal 3, 7, 10, dan 12 Agustus telah berhasil dicegah.

BACA JUGA:  Cak Imin Tetap Cawapres Favorit Menurut Sekjen Partai Gerindra Ujar Muzani

Also Read