Peringkat Timnas Indonesia Saat ini Masih Jauh Dari Pencapaian Terbaik di Masa Lalu

Rara News

Peringkat Timnas Indonesia Saat ini Masih Jauh Dari Pencapaian Terbaik di Masa Lalu
Peringkat Timnas Indonesia Saat ini Masih Jauh Dari Pencapaian Terbaik di Masa Lalu (Inews)

Jakarta – Timnas Indonesia telah mengalami peningkatan yang signifikan dalam hal permainan. Tidak hanya itu, peringkat FIFA skuat Garuda juga mengalami kenaikan yang tajam dalam kurun waktu dua tahun sejak dilatih oleh Shin Tae-yong.

Baru-baru ini, setelah melakoni FIFA Matchday September 2023 melawan Turkmenistan, Timnas Indonesia berhasil naik ke peringkat 146 dunia.

Meskipun melawan tim yang berada di atas peringkatnya, Timnas Indonesia berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 2-0 melalui gol dari Dendy Sulistyawan dan Egy Maulana Vikri.

Kemenangan ini memberikan Timnas Indonesia poin yang signifikan, yaitu 5,41 poin. Poin tambahan ini secara otomatis meningkatkan peringkat Timnas Indonesia dalam ranking FIFA. Sebelum pertandingan melawan Turkmenistan, Timnas Indonesia berada di peringkat ke-150. Namun, setelah mengalahkan Turkmenistan dan mendapatkan tambahan 5,41 poin, peringkat Timnas Indonesia naik ke peringkat ke-146 dunia.

Peringkat Timnas Indonesia saat ini masih jauh dari pencapaian terbaik di masa lalu, di mana mereka pernah berada di peringkat ke-76 pada era 90-an. Namun, peringkat ke-146 yang saat ini diraih oleh Timnas Indonesia merupakan pencapaian yang baik mengingat dua tahun yang lalu mereka berada di peringkat ke-175.

Sejak sanksi FIFA pada tahun 2015, Timnas Indonesia sempat terpuruk di peringkat bawah dunia sepak bola, yaitu peringkat ke-170. Setelah turun ke peringkat tersebut, Timnas Indonesia mengalami kesulitan untuk memperbaiki peringkatnya karena hasil yang kurang memuaskan di level internasional.

Namun, sejak kedatangan Shin Tae-yong pada akhir tahun 2019, peringkat Timnas Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan, terutama dalam dua tahun terakhir. Ketika Shin Tae-yong datang, Timnas Indonesia berada di peringkat ke-170. Bahkan pada September 2021, mereka berada di peringkat ke-175.

BACA JUGA:  Manchester United Mengungkap: Benjamin Pavard Lebih Baik dari Maguire dan Todibo! Ini Alasannya!

Sejak September 2021, Shin Tae-yong dan staf kepelatihannya berhasil membawa Timnas Indonesia memperbaiki peringkatnya menurut FIFA. Dalam waktu dua tahun sejak berada di peringkat ke-175, Timnas Indonesia berhasil naik 29 peringkat dan saat ini berada di peringkat 146 dunia.

Keberhasilan Shin Tae-yong ini tidak terlepas dari kebijakannya dalam melakukan regenerasi di Timnas Indonesia dan pencapaian positif yang diraih dalam pertandingan internasional.

Dengan kemajuan yang ditunjukkan ini, ada kemungkinan bahwa Shin Tae-yong dapat membawa Timnas Indonesia mencapai peringkat yang lebih tinggi dalam ranking FIFA. Jika progres ini terus berlanjut, mungkin saja target Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, untuk masuk dalam 100 besar peringkat FIFA dapat tercapai.

Also Read