Kuliah Tanpa Skripsi? Nadiem Makarim Bikin Gebrakan Baru untuk Kelulusan Mahasiswa S1 dan D4 Tanpa Skripsi!

Rara News

Kuliah Tanpa Skripsi? Nadiem Makarim Bikin Gebrakan Baru untuk Kelulusan Mahasiswa S1 dan D4 Tanpa Skripsi!
Kuliah Tanpa Skripsi? Nadiem Makarim Bikin Gebrakan Baru untuk Kelulusan Mahasiswa S1 dan D4 Tanpa Skripsi! (METROTV)

Jakarta – Nadiem Anwar Makarim, si bos di bidang Pendidikan, Riset, dan Teknologi, baru aja ngebuat aturan anyar soal kelulusan mahasiswa S1 dan D4. Nah, intinya Nadiem ngomong, nggak harus bikin skripsi buat lulus kuliah. Ini semua ada di Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi alias Permendikbudristek No 53 Tahun 2023 tentang Mutu Pendidikan Tinggi.

Berita gue dapet dari diskusi Merdeka Belajar Episode 26: Transformasi Standar Nasional dan Akreditasi Pendidikan Tinggi, yang digelar Selasa (29/8) kemaren.

Nadiem dengan lugas bilang, “Nggak wajib lagi nulis skripsi, tugas akhir bisa berbentuk apa aja. Bisa prototipe, proyek, atau apapun itu. Keputusannya ada di kampus-kampus.”

Lebih detilnya ada di Pasal 18, di situ dijelasin tugas akhirnya juga bisa dilakuin berkelompok. Ini quote dari pasalnya: “Kita bisa pake kurikulum yang lebih proyek-proyek gitu, atau cara lain yang bisa nunjukkin kalo mahasiswa udah punya skill yang dibutuhin.”

Nadiem bilang aturan ini adalah bagian dari program merdeka belajar-nya. Jadi menurut dia, kalo mau ngecek kemampuan seseorang, nggak cuman satu metode aja yang dipake.

Nih, khususnya buat mahasiswa vokasi, menurut Nadiem, kemampuannya bisa diukur dari proyek atau hal nyata yang udah mereka lakuin. Kata dia, “Banyak jurusan yang punya caranya sendiri buat nunjukkin skill. Terutama yang vokasi, kan lebih keterampilan praktis yang dicari, jadi apa mesti skripsi segala?”

Tapi meski begitu, di peraturannya ada pengecualian. Mahasiswa magister atau yang lagi kuliah magister terapan tetep harus bikin tesis. Nih, baca aja di Pasal 19 angka 2, katanya mahasiswa magister/magister terapan tetep disuruh bikin tesis, prototipe, proyek, atau apapun yang sejenis.

BACA JUGA:  Tragedi Mengerikan di Gunung K2: Pendaki Tercepat Diduga Tinggalkan Porter Hingga Tewas

Jadi gitu deh, nih update dari dunia pendidikan.

Also Read