Kontroversi Mencium: Pemerintah Spanyol Mulai Proses Pemberhentian Presiden RFEF Luis Rubiales

Rara News

Kontroversi Mencium: Pemerintah Spanyol Mulai Proses Pemberhentian Presiden RFEF Luis Rubiales
Kontroversi Mencium: Pemerintah Spanyol Mulai Proses Pemberhentian Presiden RFEF Luis Rubiales (DOK. LLWA)

Semarang – Pemerintah Spanyol telah memulai upaya hukum untuk mencopot Luis Rubiales, Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF). Langkah ini diambil setelah Rubiales menolak mundur meskipun mendapat tekanan dari berbagai pihak akibat insiden mencium Jennifer Hermoso, pemain Timnas wanita Spanyol, tanpa persetujuan.

Dalam sebuah pertemuan luar biasa majelis umum federasi, Luis Rubiales mengejutkan semua orang dengan membela tindakannya dan mengkritik para kritikusnya. Victor Fancos, Kepala Nasional Dewan Olahraga Spanyol, mengumumkan bahwa pemerintah telah memulai prosedur pemberhentian Luis Rubiales.

“Prosedur telah dimulai oleh pemerintah hari ini, yang mengharuskan Rubiales memberikan penjelasan di hadapan Pengadilan Olahraga. Jika Pengadilan Olahraga setuju, saya dapat mencopotnya dari jabatannya,” kata Victor dalam konferensi pers, mengutip ESPN pada Sabtu (26/8).

Pada Jumat (25/8), Luis Rubiales mengklaim bahwa insiden tersebut tidak sebegitu seriusnya sehingga tidak memerlukan pengunduran dirinya. Dia juga bersikeras tidak akan mengundurkan diri sambil berusaha memperbaiki manajemen sepak bola Spanyol.

Dalam pernyataannya, Luis Rubiales mengungkapkan bahwa saat ini dia merasa tertekan dan yakin ada upaya untuk menggulingkannya. Dia berjanji akan melawan hingga akhir dan menghormati peraturan hukum negara.

“Mungkin seseorang akan berusaha untuk menghilangkan saya pada hari Senin. Namun, kita hidup di negara berdasarkan hukum. Apakah suatu ciuman, dalam kondisi setuju-asetuju saja, layak membuat saya dipecat? Saya berharap hukum akan diikuti,” ungkap Luis Rubiales.

Namun, setelah pernyataannya pada Jumat, semakin banyak kritik yang dilontarkan kepada Luis Rubiales, termasuk dari mantan pemain Spanyol seperti David de Gea dan Iker Casillas.

David de Gea membagikan pesan melalui media sosialnya dengan menulis, “Telinga saya berdarah mendengarnya.”

Sementara itu, Iker Casillas menyatakan, “Sungguh memalukan.”

BACA JUGA:  Semangat Juang dan Doa Bersama: Perayaan Ulang Tahun Ke-36 Arema FC Menyentuh Hati

Tindakan Luis Rubiales setelah kemenangan Timnas wanita Spanyol dalam Piala Dunia di Sydney menuai banyak kritik dari dalam dan luar negeri. Karena insiden ini, FIFA mengumumkan akan memulai proses disipliner terhadap Luis Rubiales.

Also Read