Film Bumi Manusia: Sinopsis dan Review Singkat di Bioskop Trans TV

Rara News

Film Bumi Manusia: Sinopsis dan Review Singkat di Bioskop Trans TV
Film Bumi Manusia: Sinopsis dan Review Singkat di Bioskop Trans TV ( tribunnews )

Jember – Film Bumi Manusia akan ditayangkan di Bioskop Trans TV pada hari ini, Kamis 17 Agustus 2023 pukul 21.00 WIB. Film ini awalnya dirilis pada tahun 2019 dan didasarkan pada novel dengan judul yang sama karya Pramoedya Ananta Toer.

Bumi Manusia disutradarai oleh Hanung Bramantyo dan diperankan oleh beberapa artis ternama seperti Iqbaal Ramadhan, Mawar de Jongh, dan Sha Ine Febriyanti.

Sinopsis Film Bumi Manusia

Minke adalah R.M Tirto Adhi Soerjo, seorang tokoh pers dan nasionalis Indonesia yang juga dikenal sebagai pelopor surat kabar dan jurnalistik nasional Indonesia.

Suatu hari di Surabaya, Minke diajak oleh Robert Suurhof untuk mengunjungi rumah keluarga Mellema di Boerderij Buitenzorg di Wonokromo.

Kedatangan Minke disambut dengan kecurigaan oleh Robert Mellema, meskipun ia menyambut Suurhof dengan hangat. Di sisi lain, adiknya Annelies Mellema bersama ibunya Ontosoroh menerima kedatangan Minke dengan gembira.

Lama kelamaan, Minke mulai menjalin hubungan dekat dengan Annelies dan Ontosoroh meski awalnya Annelies merasa tidak terbiasa dengannya.

Pada suatu waktu, Annelies menceritakan kehidupan ibunya bernama Sanikem yang kemudian berganti nama menjadi Ontosoroh. Kisah itu menginspirasi Minke untuk menulis artikel dalam koran Surabaya dengan nama samaran Max Tollenaar. Namun, malam harinya Minke tiba-tiba ditangkap oleh polisi karena tulisannya sebelumnya.

Minke akhirnya kembali ke rumah dan disambut dengan kemarahan ayahnya karena hubungannya dengan Annelies dianggap melanggar budaya dan tradisi Jawa.

Di sisi lain, Magda yang merupakan guru Minke menunjukkan minatnya terhadap Max Tollenaar, yang kemudian diketahui oleh Suurhof. Namun, alih-alih memuji kemampuan menulis Minke, Suurhof menghina dirinya dan menyebabkan Panji Darman membalas dengan pukulan.

Kepulangan Minke ke Wonokromo juga membongkar masalah lamanya yaitu kesenjangan antara “terperintah” (bumiputra) dan “memerintah” (Eropa), serta hubungannya dengan Annelies.

BACA JUGA:  Petualangan Epik Bajak Laut Topi Jerami: Serial Live Action One Piece Kini Hadir di Netflix

Tiba-tiba saja, Annelies pingsan saat sedang berkeliling pertanian sehingga harus dirawat oleh Martinet. Malam itu, Minke tidur bersama Annelies. Keesokan harinya, Minke mengakui kepada Martinet bahwa dia bukanlah orang pertama yang memiliki hubungan intim dengan Annelies karena sebelumnya Robert telah memperkosanya. Bagaimana kelanjutan cinta mereka?

Also Read