Ansu Fati Meninggalkan Barcelona: Dipinjamkan ke Brighton & Hove Albion untuk Mengembangkan Karier

Rara News

Ansu Fati Meninggalkan Barcelona: Dipinjamkan ke Brighton & Hove Albion untuk Mengembangkan Karier
Ansu Fati Meninggalkan Barcelona: Dipinjamkan ke Brighton & Hove Albion untuk Mengembangkan Karier (detik)

Barcelona – Ansu Fati akan meninggalkan Barcelona dan dipinjamkan ke Brighton & Hove Albion. Meskipun diharapkan menjadi penerus Lionel Messi, pemain Spanyol ini akan bergabung dengan Brighton setelah kesepakatan antara kedua klub diselesaikan. Menurut laporan jurnalis spesialis transfer Fabrizio Romano, Barcelona dan Brighton telah mencapai kesepakatan mengenai transfer Ansu Fati. Pemain muda asal Spanyol ini akan dipinjamkan ke klub Premier League, dengan memilih Brighton meskipun Tottenham Hotspur sempat berminat.

Durasi peminjamannya akan berlangsung selama satu musim, tanpa opsi pembelian permanen yang disertakan oleh Barcelona. Transfer ini diperkirakan akan segera diselesaikan dalam beberapa jam mendatang.

Rumor tentang kepergian Ansu Fati sudah beredar selama beberapa minggu terakhir. Pemain berusia 20 tahun ini dikabarkan ingin meninggalkan Barcelona setelah mengalami kesulitan mendapatkan tempat di skuad utama Blaugrana.

Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez, tampaknya tidak akan menghalangi kepergian Ansu Fati. Pemain yang mewarisi nomor punggung Lionel Messi tersebut diberikan izin untuk pergi dari Camp Nou.

Ansu Fati awalnya merupakan produk dari akademi La Masia yang diharapkan akan menggantikan peran Messi di Barcelona. Namun, meskipun dijuluki sebagai wonderkid, Ansu Fati mengalami banyak masalah terutama terkait cedera sejak namanya mulai mencuat. Cedera menjadi salah satu alasan utama.

Pada awalnya, Ansu Fati mencuri perhatian di Camp Nou. Debutnya di tim senior saat usianya 16 tahun 9 bulan 25 hari membuatnya menjadi debutan termuda Barcelona di Liga Spanyol, sebelum rekor ini dipecahkan oleh Lamine Yamal (15 tahun 285 hari).

Musim 2019/2020 menjadi musim di mana Ansu Fati mulai dikenal. Meskipun bermain sebagai pemain cadangan, ia berhasil mencetak 8 gol dalam 33 pertandingan. Ia berhasil memecahkan beberapa rekor.

BACA JUGA:  Prediksi Skor dan Jadwal Live Streaming: Persib Bandung Optimis Hadapi PSIS Semarang dalam Pekan Kesembilan Liga 1 2023

Setahun kemudian, Ansu Fati dipromosikan menjadi pemain inti Barcelona. Sayangnya, cedera lutut menghampirinya dan membuatnya absen selama 9 bulan. Cedera ini menyebabkan Ansu Fati absen sepanjang hampir satu musim.

Pada musim 2021/2022, Ansu Fati mewarisi nomor punggung 10 yang sebelumnya dipakai oleh Lionel Messi yang telah meninggalkan klub. Performanya di musim tersebut juga terganggu oleh cedera hamstring, yang membuatnya absen selama tiga bulan menjelang berakhirnya musim.

Hingga akhir musim lalu, Ansu Fati umumnya bermain sebagai pemain cadangan. Dari 51 penampilannya, ia tampil sebanyak 37 kali sebagai pemain pengganti. Di musim ini, ia juga tampil dari bangku cadangan dalam tiga pertandingan perdana LaLiga.

Secara keseluruhan, pemain yang memilih kewarganegaraan Spanyol meskipun memiliki darah Guinea-Bissau ini telah mencetak 29 gol dalam 111 pertandingan untuk Barcelona. Setelah mengalami kesulitan, Ansu Fati tampaknya ingin mengambil waktu untuk meninggalkan Barcelona dan kini akan bergabung dengan Brighton & Hove Albion.

Also Read